Home / Berita / Peneliti Prediksi Ada Potensi Tsunami Setinggi 57 Meter

Peneliti Prediksi Ada Potensi Tsunami Setinggi 57 Meter

Spread the love

Peneliti Prediksi Ada Potensi Tsunami Setinggi 57 Meter

Peneliti Prediksi Ada Potensi Tsunami Setinggi 57 Meter

Peneliti tsunami pada Balai Pengkajian Dinamika Pantai Tubuh Pengkajian serta Aplikasi Tehnologi (BPPT) Widjo Kongko memperkirakan ada potensi tsunami setinggi 57 mtr. di Kabupaten Pandeglang, Banten. Tsunami ini diperkirakan juga akan menjangkau Jakarta Utara. Tetapi, itu semuanya masih tetap berbentuk perkiraan awal untuk kepentingan antisipasi serta mitigasi bencana.

Widjo menyebutkan tsunami itu dapat berlangsung karna di Jawa Barat tengah diperkirakan ada gempa megathrust di daerah subduksi di selatan Jawa serta Selat Sunda. Satu diantara contoh efek gempa megathrust ini yaitu ada gempa di Banten pada akhir Januari 2018. Jika kemampuan gempa menjangkau 9 taraf Richter di kedalaman laut yang dangkal, tsunami besar juga akan berlangsung.

“Di Jawa Barat itu sumber gempa besar. Di situ dapat disebutkan di selatan dapat menjangkau 8, 8 Magnitudo atau 9 hingga aturan umum bila diatas 7 Magnitudo serta berlangsung di lautan dangkal sumbernya, jadi potensi tsunami besar juga akan berlangsung di daerah sana (Pandeglang), “kata Widjo di gedung BMKG, Jalan Angkasa Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018).

Widjo mengemukakan ini dalam diskusi sumber-sumber gempa bumi serta potensi tsunami di Jawa sisi barat. Peneliti LIPI Danny Hilmam Natawidjaya, peneliti ITB Irwan Meilano, serta peneliti Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi serta Geofisika Imam Suardi.

Tsunami teratas diperkirakan dapat berlangsung di Pandeglang karna adalah kabupaten paling dekat dengan laut selatan. Jika gempa megathrust berlangsung, dalam hitungan 1/2 jam, tsunami diprediksikan juga akan menjangkau daratan Kabupaten Pandeglang.

“Daerah Pandeglang serta Jawa Barat serta di daerah selatan karna paling dekat dengan sumber gempa bumi serta tsunami. Namun disana cukup besar, dapat diatas 57 mtr., serta periode saatnya hanya kurang dari 1/2 jam. Jadi pendek tsunami hingga ke daratan, “katanya.

Angka 57 mtr. itu keluar dari satu diantara skenario pada simulasi yang dikerjakan dengan ilmiah oleh Widjo. Pemodelan dalam simulasi ini dikerjakan dengan memakai data yang bersumber dari kajian ilmiah.

Terkecuali di Pandeglang, tsunami itu diperkirakan juga akan menjangkau banyak wilayah di Jawa Barat, Banten, serta Jakarta. Banyak wilayah itu salah satunya Sukabumi dengan ketinggian 41, 5 mtr., Ciamis 39, 8 mtr., Lebak 39, 4 mtr., Cianjur 3, 2 mtr., Garut 30, 1 mtr., Tasikmalaya 28, 2 mtr., Serang-Banten 5, 5 mtr., Tangerang 4, 2 mtr., Jakarta Utara 2, 4 mtr., serta Bekasi Utara 2, 8 mtr..

“Untuk di Jakarta sekitaran 2, 5-3 mtr. tsunami masuk serta saat 3-5 jam, “ucap Widjo. Widjo juga memperkirakan tsunami ini juga akan berlangsung semakin besar dibanding tsunami di Aceh pada 2004. Sebab, kedalaman laut di Jawa sisi barat lebih dalam dibanding Aceh.

“Ya (tsunami semakin lebih besar) terlebih di Aceh. Ya bila di Aceh katakan skalanya 9 lebih taraf Ritcher demikian. Bila disana juga berlangsung segitu dapat besar seperti Aceh bahkan juga dari sisi jenis dapat semakin besar karna kedalaman air disana lebih dalam pada umumnya dibanding Aceh. Bila makin dalam, volume air yang dipindahkan makin dalam dari gempa bumi lalu tsunaminya mengakibatkan besar, “kata Widyo.

Ditempat yang sama, Sekretaris Paling utama BMKG Untung Merdijanto menyebutkan belum juga dapat meyakinkan kapan tsunami ini berlangsung. Tetapi dia mengharapkan semua petinggi pemerintah DKI Jakarta, Banten, serta Jawa Barat bisa berisi mitigasi bencana untuk antisipasi.

“Kapan? Pasti kami tidak dapat meyakinkan karna belumlah ada alat yang dapat mendeteksi. Namun pastinya kami senantiasa membuat kajian ilmiah untuk lihat potensi yang ada. Pasti yang paling perlu yaitu, kita sudah mengetahui pada umumnya, walau belum juga detil kajiannya. Dasarnya, migitasi butuh kita sediakan mulai sejak awal, “ucap dia.

About Author:

%d blogger menyukai ini: